Tulisan

Amalan Sunnah di Hari Jumat bagi Wanita

Seperti yang kita semua sudah ketahui, bahwa terdapat hari yang sangat istimewa dalam satu minggu bagi umat Muslim, yaitu hari Jumat. Pada hari Jumat ini terdapat sangat banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan atau dijadikan sebagai rutinitas ibadah di setiap hari Jumat tersebut. Selain itu, di Hari jum’at yang sangat istimewa akan sangat banyak pahala yang diturunkan sekaligus banyak juga kesempatan yang bisa kita pakai untuk menghapus dosa, dan sangat disayangkan jika terlewatkan atau disia-siakan begitu saja. Maka dari itu, apa saja amalan-amalan sunnah yang dapat dilakukan wanita pada hari Jumat?

1. Perbanyak Membaca Sholawat

Membaca sholawat untuk hari biasa, itu sudah akan memberikan banyak kelimpahan pahala dan syafaat Rasul kelak di yaumil kiyamah, khususnya jika ini dilakukan pada hari yang paling istimewa yaitu hari Jumat.

Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti“. (HR. Al-Baihaqi)

2. Perbanyaklah Doa

Panjatkanlah juga doa yang baik di hari Jumat dan lebih banyak juga mengingat akan Allah seperti yang sudah dikatakan Rasulullah SAW saat berbicara tentang hari Jumat.

Rasulullah SAW bersabda, 

“Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya“. (HR. Bukhari)

“Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (H.R. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud dengan detik terakhir di hari Jumat ini adalah saat menjelang waktu maghrib yaitu saat matahari akan terbenam.

3. Membersihkan Diri dan Menyikat Gigi Dengan Siwak

Sunnah untuk membersihkan diri ini tidak hanya berlaku untuk kaum laki-laki yang akan menunaikan sholat Jumat saja, akan tetapi juga untuk wanita yang disunnahkan untuk membersihkan diri di hari yang sangat istimewa yaitu hari Jumat. Selain itu, mandi pada hari jumat sendiri merupakan hal yang wajib bagi semua orang yang sudah baligh.

Selain mandi pada hari Jumat yang memang merupakan hal yang wajib dilakukan untuk setiap umat muslim tidak terkecuali untuk wanita. Selain itu, hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak.”  (H.R. Bukhari dan Muslim)

4. Shalat Dhuhur Pada Awal Waktu

Meskipun tidak bisa menunaikan shalat Jumat, para muslimah juga bisa mendapatkan pahala sunnah dengan menunaikan sholat Dzuhur di awal waktu dan tidak menunda-nunda apalagi melalaikan shalat tersebut.

5. Ziarah Kubur

Pada malam atau di hari yang istimewa yaitu hari Jumat akan sangat baik jika ziarah ke kubur khususnya kubur orang tua kita dengan tujuan untuk mendoakan mereka dan mengambil hikmah serta pelajaran dengan bertafakur dan mengingat tentang kematian.

6. Membaca Surat Al Kahfi

Baik itu untuk umat muslim laki-laki maupun perempuan, keduanya sama-sama mempunyai kesempatan yang serupa untuk membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat. Hari jumat yang dimaksud disini adalah karena hari Jumat yang menurut perhitungan kalender hijriyah yaitu mulai Kamis petang pada saat matahari terbenam sampai hari Jumat petang saat matahari terbenam. “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” 

(HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani)

7. Memotong Kuku

Pada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang tata cara memotong kuku dan ini biasanya dilakukan pada hari Kamis, Jumat atau hari lainnya. Akan tetapi, tidak ada dalil yang shahih yang memberikan batasan tentang waktu memotong kuku di hari tertentu. Selain itu, para ulama umumnya menganjurkan untuk memotong kuku yang kotor ini ada hari jumat mengingat hari jumat merupakan hari raya mingguan umat muslim.