Kegiatan

Beasiswa Adik Asuh

Assalamu’alaykum…

Bismillah…

Maaf kalau latepost. Ini karena kendala koneksi internet yang kurang memadai hehe..

Alhamdulillah berkat perangkat yang mendukung untuk buka web tanpa laptop serta koneksi wifi yang bagus menjadikan program isi web ini terwujud.. 😁

langsung saja masuk ke topik bahasan kita. Kali ini aku mau bahas salah satu program dari departemen Sains yang baru saja dilaksanakan sebelum UAS semester genap. Ya, beasiswa adik asuh yang biasa disingkat BA. Entah kenapa singkatannya BA bukan BAA hehe..

kegiatan ini merupakan kegiatan kunjungan ke panti asuhan yang diikuti dengan baksos. Disitu kami melakukan kegiatan saling berbagi bersama adik-adik panti. Berbagi makanan dan berbagi ilmu. Disini departemen Sains memusatkan kegiatannya pada praktikum yang dilakukan yang gak lain dan gak bukan, tujuannya untuk memperkenalkan fakultas mipa UB ke adik-adik. Ini loh mipa itu, bisa seru-seruan juga hehe.. Ga cuma praktikum, laporan, berhitung, menghafal. 😄

 

disitu kita melakukan beberapa praktikum. Pertama praktikum bermain balon. Menguji mengapa balon berisi angin jika dipanaskan bisa meletus ke yang berisi air tidak meletus. “hayo kenapa hayo?” Aku sendiri juga kurang tau haha. Mungkin ini tentang pemuaian, dimana pemuaian angin lebih cepat daripada air, sehingga balon yang berisi udara cepat meletus. Kemudian percobaan balon yang ditusuk jarum tapi tidak meletus. Sekali lagi aku ga tau itu kenapa. Walau udah dijelasin, otak saya ga nyampe. Hehe. Intinya balon yang dilapisi sama selotip ga bisa langsung meletus, melainkan mengempis perlahan. Untuk teorinya saya ga paham, karena saya bukan jurusan fisika hehe…

naah main main sama balon udah selesai nih, move on ke permainan bersama telur. Yaa kita sih bermaksud melakukan praktikum memasukkan telur ke dalam botol kayak yang di tipi-tipi gitu. Tapi yaa karena belum melakukan simulasi sebelum berangkat, jadinya percobaan langsung di situ dan ga tau bisa berhasil apa enggak. Konyol sih. Telurnya gamau masuk ke dalam botolnya. Adik-adik mulai ketawa. Beberapa kali mencoba alhamdulillah berhasil. Berhasil memasukkan ujung telur ke dalam botol. Jadilah botol itu disebut sebagai botol penghisap. 😂

lagi-lagi ini berhubungan dengan fisika dan lagi-lagi aku gak paham hehe..tentang tekanan sih tepatnya. Cuma penjelasan panjang lebarnya aku gak paham ._.v

 

percobaan terakhir tentang perahu energi detergen. Pingin liat tapi ketinggalan episode. Perahunya udah gak mau jalan lagi. Sekali jalan aja dia maunya -,- zzz…

mendekati penghujung acara *cie

kita melakukan baksos. Singkat aja sih, cuma kasih uang buat panti sama bagi-bagi sangu buat adek panti. Lanjut, bagian yang gak pernah terlewat. Panitia foto-foto sebelum pulang. Hehe.. Rasanya kayak ga afdhol kalo di tiap agenda forkalam gaada panitia foto bersama.

sekian dulu yaa posting beasiswa adik asuh kali ini, untuk masalah dokumentasi, belum bisa upload karena belum biasa mainan web pake hape.. Hehe..

 

wassalamu’alaykum.. 😉

Maaf juga kalau postingnya berantakan.. Viewnya kurang jelas disini.. ☺

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.