Tulisan

Hukum Make Up dalam Islam

Sebagai seorang muslimah kita perlu melihat dari sudut pandang Islam dan mengetahui seperti apa hukum make up dalam Islam. Pada dasarnya melakukan perawatan tubuh bagi  perempuan maupun laki-laki itu boleh asalkan jangan berlebihan

Allah berfirman dalam QS. Al A’raf ayat 31 yang artinya “Wahai anak cucu Adam, pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh para muslimah ketika ingin menggunakan make up, diantaranya :

1. Tidak tabarruj

Penampilan yang berlebihan seperti mengenakan perhiasan, atau pakaian yang menunjukkan lekuk tubuh, akan menarik perhatian laki-laki untuk menatapnya. Karena itu, hukum make up dalam Islam yaitu tabarruj dalam Islam dilarang dan perempuan tidak diizinkan untuk menunjukkan kecantikannya kecuali pada suaminya.

2. Tidak Menunjukkan Aurat

Selain mengetahui hukum make up dalam Islam, menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Karena itu, tidak boleh menunjukkan aurat kepada orang lain yang bukan muhrimnya

3. Jangan Berdandan untuk Hal yang Tidak Diperbolehkan

Adapun beberapa hal yang tidak dibolehkan dalam berdandan atau memakai make up dalam Islam, yaitu tato, menyambung rambut, menggunakan parfum tidak untuk suaminya, berperilaku seperti laki-laki, dan nail extension.

Hukum menggunakan make up saat beribadah wudhu yang sah adalah apabila air menyentuh kulit. Sehingga lebih baik untuk menghapus riasannya lebih dulu, terutama bila riasan yang digunakan tahan air sebagai hukum make up dalam Islam. Atau kita juga bisa berwudhu sebelum bermake up, sehingga saat waktu salat datang kita bisa segera melakukan shalat.

Hukum menggunakan make up dalam Islam sejatinya diperbolehkan, akan tetapi kita tetap memperhatikan syariat yang telah ditetapkan. Yang perlu diingat ialah dilarang menggunakan kosmetik berlebihan, berniat riya’, serta menggunakan dari bahan yang berbahaya. Lakukan semata karena Allah dengan niat memperindah diri dan ibadah. 

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/www.orami.co.id/magazine/amp/hukum-menggunakan-makeup-dalam-islam/