Islam dan Sains

Ilmuwan Muslimah yang Berpengaruh terhadap Dunia

Menjadi wanita bukanlah hal yg menghalangi seseorang dalam membuat karya. Hanya karena kita seorang Muslimah, tidak berarti kita tidak bisa menuntut ilmu setinggi-tingginya dan menghasilkan berbagai karya. Para ilmuwan Muslim wanita ini adalah contohnya, mereka berhasil menorehkan catatan menginspirasi bagi para perempuan supaya berani menggapai mimpi. Oleh karena itu yuk kita kenalan dengan para Ilmuwan-ilmuwan muslimah yang mengejutkan dunia.

  1. Sutayta Al Mahamili

Sutayta adalah seroang ahli aritmatika di abad ke-10. Ia sangat berbakat dalam aljabar. Sejak kecil ia dibimbing oleh para ulama, termasuk pula ayahnya. Tak hanya aritmatika, ia juga ahli dalam bidang seni sastra Arab dan hadis.

  1. Mariam Al- Iljiya

Mariam Al-Iljiya merupakan astronom abad ke-10. Karyanya yang paling terkenal adalah alat penemu bintang atau astrolabe. Alat tersebut secara historis digunakan para astronom dan navigator untuk mengukur ketinggian di atas cakrawala benda langit,siang dan malam, juga mengidentifikasi bintang atau planet.

  1. Rufaida

Rufaida merupakan seorang perawat muslim sekaligus dokter bedah pertama dalam dunia Islam. Ia lahir pada 570 Masehi dan merupaka kaum Anshor. Ia lahir dan tumbuh besar di Madinah, Arab Saudi. Ayahnya yang bernama Saad Al Aslami merupakan seorang dokter. Rufaida turut serta dalam menangani korban dalam Perang Badar sebagai perawat. Perang lainnya juga ia ikuti, yakni perang Uhud, Khandaq, dan Khaibar. Tak lupa ia juga melakukan ini atas seizin Rasulullah SAW.

  1. Prof Bina Shaheen Siddiqui

Profesor Bina Shaheen Siddiqui merupakan ilmuan perempuan masa kini. Ia merupakan ilmuwan islam yang memiliki gelar PhD dari Universitas Pakistan pada tahun 2001. Ia juga memiliki 12 paten, termasuk konstituen antikanker.

  1. Prof Nesreen Ghaddar

Ia merupakan seorang insinyur mesin dari Lebanon. Nesreen Ghaddar juga seorang professor teknik mesin di American university of Beirut. Ia menyandang gelar PhD dan MIT di tahun 1984. Selain itu ia juga seorang editor Journal of Applied Mechanics, Islamic World Academy of Sciences. Papernya pernah mendapatkan penghargaan paper terbaik dalam bidang termofisika dari American Institute of Aeronautics and Astronautics.

Sumber:

https://kumparan.com/berita-hari-ini/5-ilmuan-perempuan-muslim-pengubah-dunia1tb64BnN6Uo