Tulisan

Ingin Ini Itu Banyak Sekali

Hawa nafsu diartikan sebagai kecenderungan jiwa terhadap sesuatu yang disukainya hingga keluar dari batasan syari’at. Jika hawa nafsu tidak dikendalikan, maka hawa nafsu tersebut perlahan akan mengikis keimanan dalam diri kita. Mengendalikan hawa nafsu tidaklah mudah, terutama bagi wanita. Salah satu hawa nafsu yang kerap dituruti yaitu fashion. Kebanyakan wanita sulit menahan diri untuk tidak membeli berbagai barang atau aksesoris yang dapat mempercantik dirinya. 

Tidak jarang wanita merasa tidak memiliki baju, padahal dalam lemarinya telah bertumpuk beragam baju. Oleh karena itu, alangkah baiknya mengendalikan hawa nafsu yang dimiliki. Jika tidak memiliki baju baru, bersyukurlah sebab baju juga akan dihisab kelak di akhirat. Hawa nafsu dapat dikendalikan dengan menjaga keimanan dan ketakwaan kita pada Allah SWT. Senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT. Setiap kali merasa puas dengan karunia yang didapat agar hawa nafsu tidak mudah menjerat dalam hati kita. Allah berfirman:

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya.” (QS. An-Nazi’at (79): 40-41)

Apabila dalam diri kita terdapat sesuatu yang terlalu berlebihan, sebaiknya kita cermati terlebih dahulu sebab hal tersebut termasuk salah satu ciri hawa nafsu. Segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan hasil yang baik. Sering-seringlah bertanya pada diri, apakah yang kita inginkan memang dibutuhkan atau sekadar keinginan semata?

Sumber :

Almanhaj. 2016. Jangan Mengikuti Hawa Nafsu. Diakses pada 18 Juli 2020, dari https://almanhaj.or.id/6627-jangan-mengikuti-hawa-nafsu.html.

Julita, N. 2020. Rabb, Kumohon Jangan Lagi Jauh. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.