ArtikelTulisan

KAPAN TERAKHIR KALI NELPON ORTU?

Hayoo.. inget nggak kapan terakhir kali nelpon ortu? Pas uang bulanan udah abis? Atau pas ada masalah di tanah perantauan? Inget-inget lagi, apa kita cuma nelpon pas ada maunya aja? Sering kali kesibukan jadwal perkuliahan, rapat sana-sini bikin kita lupa ngasih kabar ke orang tua atau yang lebih parah kadang ada yang sampai nunda bales sms/wa bahkan ada yang sengaja nggak ngangkat telpon dari orang tua karena dikejar deadline misalnya.

.
Padahal ya dengan kasih kabar kalau kita baik-baik aja, itu udah cukup bikin orang tua tenang. Kalau dirasa-rasa, peribahasa kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah itu bener banget. Mungkin saat ini kita yang masih berstatus mahasiswa belum berperan jadi orang tua, belum merasakan gimana sih kasih sayang orang tua ke anak? Sebegitu besarnya kah sampai-sampai denger kabar anaknya sehat aja udah bahagia.

.
Tau nggak amalan yang paling dicintai oleh Allah? Pertama, shalat pada waktunya lalu berbakti kepada orang tua dan yang ketiga jihad di jalan Allah. Emang bener sih.. status kita di perantauan sedang menuntut ilmu, atau bisa dibilang sebagai “jihad”. Tapi coba telaah lagi, yang disebutkan dalam hadits Bukhari dan Muslim itu, berbakti kepada orang tua dahulu baru jihad. Pada jaman dahulu, ada seorang laki-laki meminta izin kepada Rasul untuk jihad, namun Rasul bertanya kepadanya apakah ia masih memiliki orang tua? Dan ia pun menjawab ya, lalu Rasul menyuruh ia pulang agar dia berjihad(berbakti).

.
Coba renungkan, apa yang sudah kita lakukan untuk mereka? Kita adalah hal terpenting bagi mereka, tapi kenapa mereka tak penting bagi kita? Apa kamu tidak punya waktu? Jika kamu tidak mendapatkan restu orang tuamu, tidak akan ada hal baik yang mendatangimu. Jangan pernah remehkan doa mereka. Kita masih diberi waktu!
.
Info lebih lanjut, kunjungi :

Line: @MPX7867M
Instagram: @forkalamfmipaub
Facebook: Forkalam FMIPA UB
Website: forkalam.mipa.ub.ac.id
Youtube Channel: iforkalam
====================
Biro Nisa
Kabinet Iltizam
Forum Kajian Islam FMIPA 2018
Universitas Brawijaya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.