Tulisan

Keteladanan Aisyah binti Abu Bakar

Di zaman yang serba canggih saat ini, perempuan seringkali dianggap sebagai sosok yang menjadi sorotan banyak orang. Beberapa dari mereka memiliki gaya hidup yang glamor dan hedonis atau lebih menunjukkan penampilan dan kecantikan fisiknya. Para perempuan saling berlomba-lomba memamerkan foto dengan model pakaian yang sedang tren, barang-barang mahal, dan makan di rumah makan kelas elit, tetapi mengabaikan sebuah nilai yang sangat penting dan perlu diperhatikan. 

Seringkali perempuan masa kini lebih mengutamakan penampilan daripada ilmu dan akhlak yang dimilikinya. Keadaan ini begitu miris, mengingat seseorang dihormati karena ketinggian ilmu dan kelembutan akhlaknya. Maka dari itu, diperlukan sosok perempuan ideal untuk dijadikan teladan bagi para muslimah di tengah gaya hidup modern tersebut. Salah satu sosok yang tepat adalah Aisyah binti Abu Bakar, istri Rasulullah. Perempuan hebat ini memiliki banyak sifat yang dapat diteladani para perempuan era milenial.

1. Cerdas

Aisyah mewarisi kecerdasan dari ayahnya, yakni Abu Bakar yang merupakan sahabat Rasulullah SAW. Saking cerdasnya sosok Aisyah, beliau termasuk sebagai perempuan yang paling banyak meriwayatkan hadis-hadis Nabi Muhammad. Dalam buku yang berjudul Aisyah; Kekasih yang Terindah karya Sa’id Al A’zami menyebutkan bahwa Aisyah memiliki pemahaman yang mendalam tentang persoalan agama. Selain itu, Aisyah juga mampu merumuskan hukum untuk situasi-situasi baru.

2. Pemberani

Aisyah memiliki sikap berani, kokoh, tegar, serta tidak pengecut. Aisyah juga sering beberapa kali ikut Rasulullah SAW ketika terjun ke medan perang. Aisyah bersama perempuan muslim lainnya berperan sebagai pemberi minum kepada orang-orang yang berperang dan mengobati orang yang terluka akibat dampak peperangan.

3. Murah Hati

Sulaiman An-Nadawi dalam bukunya berjudul Aisyah menyebutkan bahwa istri Rasulullah tersebut sering meminjamkan satu bajunya yang paling bagus untuk para pengantin. Baju itu nantinya akan digunakan dalam pesta pernikahan. Selain itu, beliau juga sering merawat dan mengurus anak-anak yatim. Aisyah menyayangi dan merawat mereka sampai dewasa bahkan hingga menikahkan mereka.

4. Sering Membantu Kaum Perempuan

Sebagai istri Nabi Muhammad SAW, Aisyah sadar bahwa beliau memiliki tanggung jawab untuk turut serta membantu kaum muslimin bersama suaminya. Setiap kali ada perempuan yang membutuhkan bantuannya, Aisyah selalu mengusahakan untuk menolong mereka. Aisyah juga sering menjadi perantara dalam menyampaikan masalah perempuan itu kepada Rasulullah.

5. Taat Kepada Suami

Aisyah merupakan sosok istri yang patuh kepada suami dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Rasulullah. Beliau berusaha melakukan hal-hal yang menyenangkan dan membuat Rasulullah SAW ridha dengan dirinya. Aisyah juga sangat menjaga hubungan kerabat Rasulullah dan tidak pernah menolak permintaan mereka.

6. Perempuan Sederhana

Meskipun menjadi istri seorang nabi, Aisyah tidak pernah sombong. Justru ia pribadi yang sangat sederhana. Terbukti dengan hanya memiliki beberapa potong baju untuk dipakai sehari-hari. Aisyah tidaklah tinggal di istana megah bersama Nabi Muhammad. Melainkan ia cukup dengan tinggal di sebuah rumah yang dindingnya terbuat dari tanah liat dan atapnya dari pelepah daun kurma. Aisyah juga tidak pernah tergoda untuk meminta harta yang lebih.

7. Menghindari Ghibah

Perempuan dianggap identik dengan perilaku gosip atau membicarakan orang lain. Tetapi tidak berlaku bagi Aisyah. Aisyah tidak mau memperbincangkan kejelekan orang lain. Apalagi membicarakan kejelekan istri Rasul yang lain. Aisyah malah pernah dengan lapang dada menyebut kelebihan masing-masing madunya dengan kata-kata terpuji.

Demikianlah tujuh sifat Siti Aisyah yang dapat dijadikan contoh. Bagi perempuan di era milenial, ketujuh sifat tersebut sangatlah penting untuk diterapkan dalam kehidupan selain sifat fisik atau penampilan luar kita. Semoga dengan meneladani sifat dari Aisyah binti Abu Bakar, kita sebagai muslimah bisa menjadi perempuan yang dapat selalu menebar kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain.

Sumber:

https://islami.co/7-sifat-yang-bisa-diteladani-dari-aisyah-istri-rasulullah-saw/

https://www.haibunda.com/trending/20200408133406-93-89307/aisyah-istri-rasulullah-jadi-trending-ini-7-sifat-yang-bisa-diteladani