ArtikelTulisan

SEDANG MASA SIBUK-SIBUKNYA

[SEDANG MASA SIBUK-SIBUKNYA]

“Hmm rasanya semester ini kok abu-abu banget gitu. Kuliah, tugas, kepanitiaan, organisasi, de el el-_-”

“Aduuh kepanitiaan lagi ada misscom, besok masih ada ujian akhir praktikum, kok ada ada aja sih”

“Eh tapi kok malah gini hasil kuisnya, acara kepanitiaan malah pemateri nggak dateng, apalah itulah”

Sibuk itu wajar. Dalam hidup kita pasti akan disibukkan oleh suatu hal. Mungkin sebagian dari kita kalo sibuk pasti mudah mengeluh, overthinking, dan energi pastinya terkuras. Mungkin ada juga yang mengeluh sana sini, termasuk di sosial media. Merasa sudah mengerahkan seluruh tenaga sama pikiran sampai tubuh rasanya udah mau mati aja.

Eittss, merasa enggak kalo ada yang kurang?
Apa hayo?

Masih ingat kan dengan cuplikan QS Al-Baqarah ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ
Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya

Ingatlah, Allah itu Maha Mengetahui. Allah itu paling tahu mana yang baik dan buruk bagi hamba-Nya. Bersyukurlah karena Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hidup. Bersyukurlah karena kita masih diberi kesibukan sehingga mampu membuat kita bisa mengatur waktu dengan baik. Misalnya waktu kita untuk berjumpa dengan Allah, kuliah, organisasi, kajian, dan kesibukan lainnya. Ingatlah, masih banyak orang yang menganggur, ingin bisa sibuk seperti dirimu. Dan semua hal yang ada di dunia ini pasti berlalu, termasuk kesibukan kita juga. Sedikit demi sedikit pasti mulai berkurang.

Eh tapi masih ada yang kurang selain itu, apa ya?

Masih ingat juga kan dengan QS Ar-Ra’d ayat 28

اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَ لَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

Sibuk itu pasti ada. Namun selalu libatkan Allah juga di dalam kesibukan kita. Niatkan kesibukan kita untuk beribadah kepada Allah sehingga bila hasilnya mungkin tidak memuaskan juta, setidaknya bisa membuat kita belajar.
Ingatlah, Allah itu Maha Besar, lebih dari masalah kita, kesibukan kita, dan diri kita sendiri.

Semangaaat. Kita pasti bisa.

=============================
Dept. Nisa
Kabinet Quantum
#SalamSahabat_SalamKebaikan
#PecanduKebaikan
FORKALAM 2019
FMIPA UB