Tulisan

Sunnah Bukan Kuper

Seorang wanita yang betah di rumah itu sunnah lho bukan kuper (kurang pergaulan).

Nilai seorang wanita juga akan menjadi lebih berharga ketika ia jarang keluar rumah.

Kenapa begitu ya?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Q.S Ar-Rahman [55] : 72 yang artinya:

“(Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah.”

Walaupun dimasa new normal ini kita sudah bisa melakukan kegiatan di luar rumah asalkan mematuhi protokol kesehatan, tetapi jika kegiatan itu tidak terlalu penting seperti nongkrong di cafe atau jalan-jalan lebih baik kita menghabiskan waktu di rumah saja terutama wanita. 

Selain kita bisa menghindar dari bahaya virus corona, ternyata di rumah saja bisa mendapat pahala yang luar biasa. Seperti dalam hadits berikut, yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, beliau mengatakan,

“Seorang perempuan datang menemui Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian berkata, “Wahai Rasulullah, laki-laki memiliki keutamaan dan mereka juga berjihad di jalan Allah? Apakah bagi kami kaum wanita bisa mendapatkan amalan orang yang jihad di jalan Allah? Rasulullah bersabda, “Barang siapa di antara kalian yang tinggal di rumahnya maka dia mendapatkan pahala mujahid di jalan Allah,”

Tapi kalo di rumah terus bosan dong..!

Shalihah berikut ini tips yang bisa dilakukan ketika di rumah:

  1. Charging Iman

Perbanyaklah dzikir kita pada Allah SWT,  mentadaburi Al-Qur’an dan mendengarkan ceramah para ulama, agar iman kita lebih kuat menghadapi segala cobaan di akhir zaman.

  1. Usaha mandiri

Lihatlah peluang, kemudian carilah bisnis yang kamu sukai. Kamu bisa memulai dengan menjadi reseller suatu brand jika belum memiliki modal untuk membuat brand sendiri.

  1. Membaca buku

Penting banget nih untuk para penimba ilmu, cobalah untuk membaca buku minimal 1 jam dalam sehari daripada menghabiskan waktu berlama-lama dengan gadget.

  1. Cooking class

Cobalah resep-resep baru yang bisa kita temukan di internet, jika memuaskan ini bisa dijadikan peluang usaha dibidang kuliner.

  1. Beres-beres

Di waktu luang biasakan untuk melihat bagian rumah kira-kira adakah tempat yang bisa kita rapikan tau kita bersihkan agar ruangan tampak lebih segar dan sehat, misalnya membersihkan barang-barang yang menumpuk tidak terpakai kita bisa mensortirnya kemudian diberikan kepada yang membutuhkan.

Bagi wanita yang masih harus bekerja di luar rumah, insyaAllah tetap mendapat kemuliaan dan pahala asalkan pekerjaannya halal, menutup aurat dan telah mendapat ridho suami atau keluarga.

Wallahu A’lam

Sumber :

https://www.kompasiana.com/tutyy14/602353dc8ede487bc62b0ae2/sunnah-bukan-kuper?page=all#section1 

Kreator: Astutii