Tulisan

Teruntuk Muslimah Harus Tahu dan Hafal Doa-Doa Ini

Assalamualaikum warrahmatuallahi wabarakatuh ukhtii, bagaimana niii kabarnya ??? Semoga senantiasa diberi kesehatan dan kenikmatan oleh Allah yaaa. Kali ini aku mau berbagi ilmu terkait dengan kumpulan doa yang harus kalian ketahui dan syukur banget jika kalian sudah tau dan hafal sama doanya. Sebelum lanjut aku mau tanya niii dalam sehari-hari doa apa aja sii yang teman-teman lafalkan selain doa makan dan tidur ??? Apapun itu jawabannya aku harap kalian harus selalu berdoa jika mau beraktivitas supaya apa yang kita lakukan mendapatkan pahala dan mendatangkan manfaat buat diri sendiri dan orang lain. Buat menghilangkan rasa penasaran dan menjawab keingintahuan teman-teman langsung saja di bawah ini terdapat doa-doa yang harus kalian ketahui dan dihafalkan.

1. Buat teman-teman yang tiap harinya suka insecure atau tiba-tiba sedih sama overthinking ada sebuah penawar berupa doa untuk menghilangkan masalah tersebut. Berikut di bawah ini adalah doanya : 

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin.

Doa tersebut bisa dibaca sebanyak 40 kali. Selain itu terdapat manfaat yang lain dari doa tersebut diantaranya terhapusnya dosa, hati menjadi tenang dan keresahan yang ada di diri kita menjadi hilang. 

2. Tiap harinya dalam keadaan sadar maupun tanpa sadar, kita tidak bisa terlepas dengan kata “ghibah”. Baik itu hanya seorang pendengar ataupun pelaku sebagai penggibah akan mendapatkan dosa. Lalu apa yang harus kita lakukan jika sudah terlanjur menggibah, salah satu jalannya kita bisa membaca doa dibawah ini 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Artinya : ” Ya Allah, ampunilah kami dan ampunilah dia (orang yang dighibahi).”

3. Selanjutnya adalah doa berhubungan dengan masalah seorang perempuan yakni jerawat. Kebanyakan jerawat buat insecure dan minder buat teman-teman yang mengalaminya. Selain berikhtiar untuk menghilangkannya terdapat doa yang bisa dilafadzkan untuk meredakan jerawat. Berikut doanya yaa ukhtii : 

اَللّٰهُمَّ مُطْفِىءَالْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرِالصَّغِيْرِ اَطْفِىَٔهَاعَنِّيْ

Artinya : Ya Allah dzat yang memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku (HR An Nasa’i). 

4. Lalu ada doa ketika bercermin, buat para ukhti yang suka banget bercermin entah untuk berdandan atau hal lainnya merupakan sepertinya menjadi aktivitas yang wajib. Islam begitu memperhatikan adab dalam melakukan sesuatu maka dari itu ketika bercermin kita bisa berdoa terlebih dahulu, berikut merupakan doanya 

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Artinya : Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.” (HR Ahmad).

5. Doa yang berikutnya berkaitan banget buat para ukhti yang selalu kedatangan tamu tiap bulannya. Yaa yang aku maksud disini adalah haid, rasanya di hari pertama kita sebagai perempuan akan jungkir balik menahan rasa nyeri ataupun sakit yang menyerang, relate banget kan ??? Selama ini apa sii yang udah kalian lakukan selain berikhitar untuk mengobati rasa nyeri tersebut daripada mengumpat gak jelas dengan kata-kata kotor lebih baik bisa diganti dengan berdoa. Insyaallah nyeri yang kita rasakan sedikit demi sedikit dapat mereda, untuk doanya adalah sebagai berikut 

 الْحَمْدُللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ

Artinya : Segala puji bagi Allah atas segala hal dan Ya Allah aku memohon keampunan kepadamu dari segala dosa-dosaku. “(Riwayat dari Aisyah R.A dipetik dari Kitab Durratun Nasihin Fil Wa’zi Wal Israr).

Wahhh cukup banyak yaa doa-doa yang harus kita ketahui dan hafalkan, mungkin hal tersebut bisa menjadi sebuah semangat dalam mencari ilmu dan semakin rajin membaca seperti Al-quran, buku ataupun bacaan lainnya. Semoga apa yang aku sampaikan bermanfaat buat para ukhtii yang membaca. Terima kasih banget sudah meluangkan waktunya untuk membaca. Apabila ada salah kata dalam penulisan ataupun penyampaian mohon dimaafkan. Terima kasih Wassalamualaikum wr.wb.