Tulisan

Tips dan Trik agar terhindar dari Ghibah dan Gosip

                 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ukhtiii, gimana nii kabarnya semoga senantiasa diberi kesehatan dan kenikmatan yang berlimpah oleh Allah yaa. Di kesempatan kali ini saya mau berbagi informasi buat teman-teman muslimah terkait dengan yang namanya ghibah dan gosip, tentunya sudah tidak asing lagi dengan keduanya bahkan tiap harinya menjadi makanan sehari-hari bagi kita wkwkwk, Sehari tanpa ghibah dan gosip rasanya hidup ada yang kurang, sepertinya keduanya telah menjadi habit di dalam diri setiap manusia terutama bagi kalangan teman-teman muslimah.  Apalagi di era teknologi yang semakin maju ini, tiap detiknya kita dibuat tidak sadar bahwa kita sedang melakukan ghibah online  Media sosial yang mudah diakses dan dapat digunakan oleh siapa saja  membuat orang dengan seenaknya menggunakan medsos sebagai lahan untuk mengekspresikan masalah pribadi untuk konsumsi publik contohnya saling sindir menyindir antar teman, mengumbar aib teman lewat medsos hingga pamer kekayaan yang mengundang orang untuk ghibah dan gosip.

            Selanjutnya saya ingin berbagi tips buat ukhtii hal apa saja yang perlu diingat apabila kita terlanjur berghibah dan bergosip, tentunya dengan hal-hal tersebut membuat kita tidak jadi melanjutkannya lagi. Pertama  adalah dintropreksi diri. Semua manusia sudah mendapatkan porsi kelebihan dan kekurangannya masing-masing, belum tentu orang yang kita ghibahin punya banyak keburukan maupun kekurangan dalam dirinya bisa saja justru malah kita yang tempatnya dosa dan kekurangan. Oleh karena itu, yukkk ukhtiii mari kita muhasabah diri setiap harinya agar kita tahu apa hal apa yang harus diperbaiki dalam diri kita.

            Berikutnya adalah memperbanyak dzikir dan tilawah, dengan melakukan cara tersebut setidaknya membuat hati kita lebih tenang dari dosa ghibah dan gosip yang kita lakukan. Terutama dengan berdzikir mengucap kalimat “istighfar”, semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa yang kita perbuat yaaa ukhh.

            Tips selanjutnya yakni cari teman yang baik, circle atau lingkungan yang positif akan membawa diri kita untuk melakukan kebaikan. Dengan harapan terbentuknya pertemanan yang baik membuat kita akan saling mengingatkan untuk tidak melakukan ghibah dan gosip disaat bertemu maupun berkumpul dengan teman-teman kita.

            Tips terakhir yakni ingat selalu dengan kata “kanibal”, seram juga yaa kanibal hehehe, lalu apa hubungannya ya dengan berghibah dan bergosip, jawabannya adalah ada di dalam firman Allah surat al-Hujurat ayat 12 yang isinya adalah sebagai berikut.

وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Dan janganlah kalian saling menggunjing. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang” (QS. Al-Hujurat: 12).

            Dari terjemahan ayat diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa orang yang menggunjing diibaratkan seperti memakan daging saudaranya yang sudah mati atau bisa dibilang kita seperti kanibal.  Hal tersebut tentunya sangat menjijikan ya teman-teman, untuk itu mari kita menghindari yang namanya ghibah dan gosip untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain. Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan ukhtiii semoga bermanfaat yaaa, wassalamualaikum wr.wb.

Sumber: https://muslim.or.id/24296-mengapa-ghibah-disamakan-dengan-memakan-bangkai-manusia.html

https://www.instagram.com/p/CF19wn7JpYD/